• Follow Us On : 
Polisi Pamong Praja Pariwisata Akan Memberikan Keamanan dan Kenyamanan Kepada Tamu Saat Berkunjung Ke Kabupaten Karo  Bupati Karo Cory S Sebayang saat memasang atribut kepada personel Pol PP Pariwisata

Polisi Pamong Praja Pariwisata Akan Memberikan Keamanan dan Kenyamanan Kepada Tamu Saat Berkunjung Ke Kabupaten Karo 

Kamis, 22 Agustus 2024 - 12:38:55 WIB
Dibaca: 154 kali 
Loading...

Petunjuk7.com, KARO [ Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Karo bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Karo sudah berinovasi dengan Polisi Pamong Praja (Polisi PP Pariwisata) sesuai visi menjadikan Kabupaten Karo sebagai Kota Pariwisata. Polisi PP Pariwisata akan bertugas menjaga keamanan dan memberikan pelayanan kepada wisatawan baik wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman) di objek pariwisata.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Karo, Munarta Ginting mengatakan, Kabupaten Karo adalah kota yang strategis yang banyak objek wisatanya. Kabupaten Karo juga dikenal dengan kota pariwisata, banyak destinasi pariwisata yang bisa dikunjungi wisatawan disini.

“Adanya Polisi Pamong Praja Pariwisata akan dapat mewujudkan image positif mengenai keamanan Indonesia khususnya Kabupaten Karo kepada dunia internasional dan kondisi ini akan berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan,” katanya, saat ditemui awak media, Kamis 22/8/2024.

Munarta Ginting menyampaikan, pos-pos Polisi PP Pariwisata ditempatkan diabjek potensial seperti di pintu masuk Kabupaten Karo , di objek wisata Gunung Sibayak, Objek Wisata Air Panas, Objek Wisata Sipiso - Piso, Tongging, Danau Laukawar, Berastagi, Sikulikap dan masih banyak lagi objek wisata yang berada di Kabupaten Karo.

“Mudah-mudahan setelah adanya kerjasama antara Dinas Pariwisata dan Satpol PP Pariwisata,  objek wisata di Kabupaten Karo ini bisa bertambah aman, nyaman dan maju sesuai visi misi Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas. Ini salah satu kekuatan Pemerintah Kabupaten Karo dan pariwisata,” sebutnya.

Ditempat terpisah, Kepala Satuan Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Kasatpol PP dan Damkar) Kabupaten Karo, Gelora Fajar Purba SH MH mengatakan," Melihat pentingnya peranan petugas di DTW di berbagai wilayah Kabupaten Karo, Kasatpol PP dan Damkar pun menginisiasi pembentukan petugas di lokasi wisata dari jajaran Satpol PP.

"Awalnya kami melihat pentingnya peranan petugas di daerah objek wisata, ditambah lagi permintaan wisatawan setelah kami lakukan survey tatap muka, sehingga kami memutuskan untuk membentuk tim Satpol PP Khusus Pariwisata," ujarnya.

Manis Pakai Data (Operasi Patroli Humanis pada Kegiatan Daerah Tujuan Objek Wisata) di Satuan Pol PP Kabupaten Karo. Menurutnya, peluncuran program ini ditandai dengan pemasangan atribut personel Satpol PP Khusus Pariwisata oleh Bupati Karo, Cory Br Sebayang di panggung kehormatan defile perayaan HUT ke- 79 RI kemarin.

Program Satpol PP Khusus Pariwisata yang diinisiasi Gelora Fajar Purba ini, merupakan tindak lanjut dari SK Bupati Karo Nomor : 300/528/Satpol-PP/2024 tentang Pembentukan Tim Satgas Satpol PP Khusus Pariwisata TA 2024.

"Ini adalah inovasi kita dalam memberikan kenyamanan bagi pengunjung lokal, nasional serta mancanegara saat mengunjungi dan menikmati wisata Karo," tegasnya.Pada prakteknya, tahap pertama, pihaknya menurunkan sebanyak 12 personel yang telah dibekali termasuk bekal kemampuan berbahasa asing dan penyelamatan. 

12 personel yang dipasang atributnya oleh Bupati Karo akan melaksanakan tugas dengan prioritas 2 wilayah kerja yakni objek wisata Berastagi dan Tongging. " seterusnya nanti kita kembangkan hingga seluruh DTW lainnya yang ada di Kabupaten Karo," ucapnya.

 

Laporan : Surbakti 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER